VISI DAN MISI SMA NEGERI 2 KLATEN



VISI

TERWUJUDNYA LULUSAN BERIMAN DAN BERTAKWA KEPADA TUHAN YME,
BERBUDI PEKERTI LUHUR, BERPRESTASI,  BERDAYA SAING GLOBAL,
BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN MITIGASI BENCANA BERAKAR PADA BUDAYA BANGSA INDONESIA.
(TERWUJUDNYA LULUSAN BERIBU ASA SWALIBA BERBUDI)

—————————————————————————————————————

 MISI

  1. Meningkatkan dan mengembangkan  kultur kehidupan beragama di sekolah menuju percepatan terwujudnya manusia masa depan yang unggul dalam kompetensi spiritual  yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Membekali  peserta didik untuk memiliki kecakapan personal dan sosial yang berakar pada  karakter  unggul  dan  budaya luhur Bangsa Indonesia 
  3. Melaksanakan penguatan kurikulum dan kelembagaan  untuk akselerasi peningkatan mutu sekolah berbasis Standar Nasional Pendidikan (SNP)  dengan  penguatan pelibatan orang tua/wali  peserta didik dan  segenap stakeholder  sekolah
  4. Meningkatkan  semangat  keunggulan  kompetitif, komparatif, komitment terhadap tugas, berdaya juang tinggi  dalam prestasi,  dan  berdaya saing global  kepada  segenap stakeholder yang ada  berbasis kearifan lokal (local wisdom)
  5. Meningkatkan peserta didik yang unggul   dalam  sikap, pengetahuan dan keterampilan sesuai bakat minat dan kemampuannya yang tercermin dari peningkatan  prestasi akademik dan non akademik
  6. Melaksanakan pembelajaran efektif, inovatif,  kreatif, interaktif dan menyenangkan untuk mengembangkan  kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif  sesuai bakat minat dan kemampuan peserta didik,   berwawasan lingkungan mitigasi bencana dan mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter
  7. Melaksanakan pembelajaran dan penilaian  yang dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan  keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam rangka akselerasi perwujudan  manusia  masa depan  yang antisipasif dan responsif terhadap dinamika perubahan
  8. Melaksanakan dan mengembangkan peserta didik yang merdeka belajar, guru penggerak, berbudaya mutu, berkarakter dan berkepribadian unggul melalui  kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, kokurikuler, literasi sekolah, penumbuhan budi pekerti dan  pengembangan diri lainnya, untuk  membentuk  peserta didik yang berkarakter  religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  9. Meningkatkan dan mengembangkan kompetensi   bahasa, sastra,  seni dan budaya  dalam konteks Penerapan Multiple Inteligences  menuju terbentuknya peserta didik yang berkepribadian unggul, sehat, mantap, dinamis, maju, mandiri, dan bertanggung jawab.  
  10. Menyelenggarakan layanan pendidikan berbasis  teknologi  informasi dan komunikasi dalam rangka percepatan akselerasi dan akurasi informasi di era globalisasi
  11. Meningkatkan partisipasi  segenap warga sekolah menuju terwujudnya sekolah  berwawasan lingkungan mitigasi bencana,  bersih, sehat,  indah, aman, nyaman,  tertib, dan rapi
  12. Membangun tata kelola dan budaya mutu sekolah dengan menerapkan manajemen  partisipasif kolaboratif berbasis MPMBS dalam perspektif kerja cerdas, kerja keras, kerja ikhlas, kerja tuntas  dan  tumbuhkembangnya rasa “rumongso handarbeni, melu hangrungkebi dan terus mulat sariro hangroso wani”, menuju terwujudnya sekolah yang menyenangkan, ramah anak, maju, berdaya saing, transparan dan akuntabel.  
  13. Memberdayakan, mengoptimalkan, dan mensinergikan seluruh potensi  sumber daya yang ada, untuk memberikan  layanan yang terbaik,  membangun  iklim sejuk, kehidupan harmonis, dan kesetaraan gender, serta kebersamaan dalam keberagaman

SEKAPUR SIRIH – SMA NEGERI 2 KLATEN

Rendahnya kualitas sumber daya manusia Indonesia seperti yang diindikasikan oleh rendahnya pengembangan kualitas sumber daya manusia, tidak terlepas dari semua permasalahan umum di dunia pendidikan.Berbagai permasalahan yang terjadi didalam dunia pendidikan, diantaranya disebabkan oleh tingginya biaya pendidikan dan kesempatan terbatas.

Kenyataannya bahwa pendidikan yang berkualitas memerlukan biaya yang tinggi, sementara dengan rendahnya taraf ekonomi sebagian masyarakat mengakibatkan terjadi perbedaan kesempatan dalam memperoleh pendidikan yang bermutu, YASPORBI hadir sebagai salah satu upaya menjawab berbagai permasalahan pendidikan tersebut, menyediakan pendidikan berkualitas sekaligus membuka akses kepada masyarakat dengan taraf ekonomi rendah.

Bukan hal yang tidak mungkin bagi YASPORBI untuk bertekad merubah keadaan demi masa depan yang lebih baikbagi anak-anak Indonesia selama semua pihak menjadikan pendidikan sebagai tanggung jawab dan bergerak bersama untuk kemajuan anak-anak kita, anak-anak Indonesia.Kita, para guru, orang tua, para pimpinan politik dan perusahaan harus turut andil sebagai tanggung jawab mewujudkan pendidikan berkualitas untuk semua anak-anak Indonesia.