VISI
TERWUJUDNYA LULUSAN BERIMAN DAN BERTAKWA KEPADA TUHAN YME,
BERBUDI PEKERTI LUHUR, BERPRESTASI, BERDAYA SAING GLOBAL,
BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN MITIGASI BENCANA BERAKAR PADA BUDAYA BANGSA INDONESIA.
(TERWUJUDNYA LULUSAN BERIBU ASA SWALIBA BERBUDI)
—————————————————————————————————————
MISI
- Meningkatkan dan mengembangkan kultur kehidupan beragama di sekolah menuju percepatan terwujudnya manusia masa depan yang unggul dalam kompetensi spiritual yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Membekali peserta didik untuk memiliki kecakapan personal dan sosial yang berakar pada karakter unggul dan budaya luhur Bangsa Indonesia
- Melaksanakan penguatan kurikulum dan kelembagaan untuk akselerasi peningkatan mutu sekolah berbasis Standar Nasional Pendidikan (SNP) dengan penguatan pelibatan orang tua/wali peserta didik dan segenap stakeholder sekolah
- Meningkatkan semangat keunggulan kompetitif, komparatif, komitment terhadap tugas, berdaya juang tinggi dalam prestasi, dan berdaya saing global kepada segenap stakeholder yang ada berbasis kearifan lokal (local wisdom)
- Meningkatkan peserta didik yang unggul dalam sikap, pengetahuan dan keterampilan sesuai bakat minat dan kemampuannya yang tercermin dari peningkatan prestasi akademik dan non akademik
- Melaksanakan pembelajaran efektif, inovatif, kreatif, interaktif dan menyenangkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif sesuai bakat minat dan kemampuan peserta didik, berwawasan lingkungan mitigasi bencana dan mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter
- Melaksanakan pembelajaran dan penilaian yang dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam rangka akselerasi perwujudan manusia masa depan yang antisipasif dan responsif terhadap dinamika perubahan
- Melaksanakan dan mengembangkan peserta didik yang merdeka belajar, guru penggerak, berbudaya mutu, berkarakter dan berkepribadian unggul melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, kokurikuler, literasi sekolah, penumbuhan budi pekerti dan pengembangan diri lainnya, untuk membentuk peserta didik yang berkarakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
- Meningkatkan dan mengembangkan kompetensi bahasa, sastra, seni dan budaya dalam konteks Penerapan Multiple Inteligences menuju terbentuknya peserta didik yang berkepribadian unggul, sehat, mantap, dinamis, maju, mandiri, dan bertanggung jawab.
- Menyelenggarakan layanan pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka percepatan akselerasi dan akurasi informasi di era globalisasi
- Meningkatkan partisipasi segenap warga sekolah menuju terwujudnya sekolah berwawasan lingkungan mitigasi bencana, bersih, sehat, indah, aman, nyaman, tertib, dan rapi
- Membangun tata kelola dan budaya mutu sekolah dengan menerapkan manajemen partisipasif kolaboratif berbasis MPMBS dalam perspektif kerja cerdas, kerja keras, kerja ikhlas, kerja tuntas dan tumbuhkembangnya rasa “rumongso handarbeni, melu hangrungkebi dan terus mulat sariro hangroso wani”, menuju terwujudnya sekolah yang menyenangkan, ramah anak, maju, berdaya saing, transparan dan akuntabel.
- Memberdayakan, mengoptimalkan, dan mensinergikan seluruh potensi sumber daya yang ada, untuk memberikan layanan yang terbaik, membangun iklim sejuk, kehidupan harmonis, dan kesetaraan gender, serta kebersamaan dalam keberagaman
SEKAPUR SIRIH – SMA NEGERI 2 KLATEN
Rendahnya kualitas sumber daya manusia Indonesia seperti yang diindikasikan oleh rendahnya pengembangan kualitas sumber daya manusia, tidak terlepas dari semua permasalahan umum di dunia pendidikan.Berbagai permasalahan yang terjadi didalam dunia pendidikan, diantaranya disebabkan oleh tingginya biaya pendidikan dan kesempatan terbatas.
Kenyataannya bahwa pendidikan yang berkualitas memerlukan biaya yang tinggi, sementara dengan rendahnya taraf ekonomi sebagian masyarakat mengakibatkan terjadi perbedaan kesempatan dalam memperoleh pendidikan yang bermutu, YASPORBI hadir sebagai salah satu upaya menjawab berbagai permasalahan pendidikan tersebut, menyediakan pendidikan berkualitas sekaligus membuka akses kepada masyarakat dengan taraf ekonomi rendah.
Bukan hal yang tidak mungkin bagi YASPORBI untuk bertekad merubah keadaan demi masa depan yang lebih baikbagi anak-anak Indonesia selama semua pihak menjadikan pendidikan sebagai tanggung jawab dan bergerak bersama untuk kemajuan anak-anak kita, anak-anak Indonesia.Kita, para guru, orang tua, para pimpinan politik dan perusahaan harus turut andil sebagai tanggung jawab mewujudkan pendidikan berkualitas untuk semua anak-anak Indonesia.