Bulan Bahasa 2018

Written by rabin on . Posted in Berita

 

AKTUALISASI BULAN BAHASA DI SMA NEGERI 2 KLATEN TAHUN 2018

Bulan Bahasa diperingati setiap bulan Oktober. Peringatan bulan bahasa tersebut dapat diaktualisasikan dalam berbagai wujud kegiatan yang berhubungan dengan bidang bahasa.  Wujud kegiatan aktualisasi bulan bahasa tersebut dapat berupa lomba-lomba puisi, pidato, orasi, menyanyi, menulis, pentas sandiwara, wayang dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan hal di atas SMAN 2 KLATEN memiliki input siswa yang luar biasa. Kenyataan tersebut dibuktikan dengan adanya dua orang siswa yang mempunyai kemampuan mendalang wayang kulit. Dua orang siswa tersebut adalah Wahyu Rifqy Pratama kelas XI IPS 2 dan Fajar Tri Nugraha kelas X IPS 3. Kedua siswa tersebut diberikan kesempatan untuk unjuk kebolehan dan ketrampilan dalam mengolah kalimat dan sastra bahasa jawa dalam bentuk pertunjukan wayang kulit. Tidak hanya kemampuan mengolah bahasa dan sastra saja namun siswa tersebut juga mampu menyuguhkan pertunjukan yang apik terkait dengan seni pertunjukan jawa.

Pentas wayang kulit dua dalang tersebut diiringi juga oleh pengrawit dari siswa siswi SMA NEGERI 2 KLATEN. Dalam kesehariannya siswa-siswi tersebut tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler karawitan. Setiap hari selasa para siswa melatih ketrampilan menabuh gamelan milik SMA NEGERI 2 KLATEN sendiri. Gamelan pelog slendro tersebut merupakan wujud cinta kasih dari para alumni SMAN 2 KLATEN angkatan 85.

Kemeriahan pentas wayang kulit dalam event aktualisasi bulan bahasa kali ini juga didukung oleh pementasan-pementasan lintas bahasa seperti bahasa Inggris, bahasa Indonesia, bahasa Perancis, bahasa Jawa dan bahasa Jerman. Peringatan bulan bahasa dari aspek bahasa Inggris diwujudkan dalam bentuk orasi berbahasa inggris. Bahasa Perancis diwujudkan dalam bentuk pementasan lagu berbahasa perancis yang kemudian dikupas pesan moral dari lagu itu. Bahasa Jawa dan bahasa Jerman diwujudkan dalam penampilan MC berbahasa Jerman dan Jawa (selain pementasan wayang kulit) oleh salah seorang siswa. Bahasa Indonesia diwujdkan dalam bentuk musikalisasi puisi dan pembacaan puisi. Kesemua rangkaian wujud pementasan itu dikemas dalam satu tema besar wayang kulit. Pementasan dari bahasa-bahasa tersebut dipentaskan diacara goro-goro wayang kulit. Adapun secara umum seluruh siswa baik kelas X, XI, dan XII masing masing telah diberikan tugas menyimak dan melaporakan hasil pengamatan kegiatan bulan bahasa tersebut dalam bentuk karangan eksposisi, transliterasi dan analisis struktural puisi dar masing-masing mata pelajaran bahasa.

Aktualisasi bulan bahasa pada bulan oktober tahun 2018 ini dibuat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya berupa lomba-lomba berbagai mata pelajaran bidang bahasa yang tersebar diberbagai sudut SMA N 2 KLATEN. Namun, Tahun 2018 ini dikemas dalam pertunjukan wayang kulit sebagai wujud apresiasi sekolah atas bakat dan minat belajar para siswa-siswi SMA NEGERI 2 KLATEN yang terkenal sebagai gudangnya prestasi baik akademik maupun nonakademik. Prestasi tersebut tentunya didukung oleh kurikulum yang selalu mengikuti perkembangan jaman, sarana prasarana yang memadai, kegiatan siswa yang terorganisisr dengan baik, dan hubungan masyarakat baik komite, orang tua wali murid dan masyarakat sekitar yang berjalan dengan harmonis.

 

Visit the new site http://lbetting.co.uk/ for a ladbrokes review.